Aplikasi Teori Komunikasi Pemasaran di Industri TV
Kapita Selekta, 24 Oktober 2017
Oleh Riska Fiati (Head of Publicity Strategic Marketing Communication RCTI)
Strategi
Menurut Onong Uchjana Effendy (1984 : 35), strategi adalah perencanaan atau planning dan manajemen untuk mencapai suatu tujuan yang hanya dapat dicapai melalui taktik operasional.
Sebuah strategi komunikasi hendaknya mencakup segala sesuatu yang dibutuhkan untuk mengetahui bagaimana berkomunikasi dengan khalayak sasaran. Strategi komunikasi mendefinisikan khalayak sasaran, berbagai tindakan yang akan dilakukan, mengatakan bagaimana khalayak sasaran akan memperoleh manfaa berdasarkan sudut pandangnya, dan bagaimana khalayak sasaan yang lebih besar dapat dijangkau secara lebih efektif.
Marketing Communication
Menurut Philip Kotler & Kevin Lane Keller (2009), komunikasi pemasaran adalah sarana dimana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung, tentang produk dan merek yang dijual. Intinya komunikasi pemasaran mepresentasikan suara perusahaan dan mereknya serta merupakan sarana dimana perusahaan dapat membuat dialog dan membangun hubungan dengan konsumen. Kotler & Keller (2009), menegaskan bahwa komunikasi pemasaran juga banyak melaksanakan fungsi bagi konsumen.
Strategic Marketing Communication
Sebuah bagian yang bertugas untuk membuat aktivasi atau event, baik event yang diinisiasi korporasi maupun event yang diinisasi client.
Objective:
· Mendapatkan income korporasi
· Mempertahankan citra dan brand awareness korporas
Strategi Komunikasi Pemasaran
Berikut beberapa strategi komunikasi pemasaran yang sering dijadikan acuan yang dikemukakan oleh Kotler dan Smith:
· Advertising. Merupakan usaha penyajian non-personal atau promosi produk yang dibayar oleh pihak perusahaan. Iklan merupakan strategi komunikasi pemasaran dengan media tv, radio, majalah, koran, dan lainnya.
· Sales Promotion. Bertujuan untuk meningkatkan keinginan target konsumen untuk membeli suatu produk. Hal ini dapat berupa insentif jangka pendek yang menarik di mata konsumen. Promosi juga bertujuan untuk membujuk konsumen agar membeli produk.
· Public Relations & Publicity. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan antara produk dengan konsumen dan masyarakat umum. Strategi ini dapat dilakukan dengan menjalankan beberapa program menarik yang dapat meningkatkan citra dan produk tersebut.
· Personal Selling. Penjualan langsung dapat menjadi strategi komunikasi pemasaran dimana pihak perusahaan dapat berinteraksi langsung dengan konsumen. Dalam hal ini, perusahhaan dapat menjelaskan produk lebih detail dan menerima feedback dari konsumen.
· Direct Marketing. Artinya melakukan interaksi langsung dengan konsumen dengan media non-personal seperti e-mail, telepon, surat, dan lainnya
· Sponsorship. Pemberian sponsor pada suatu kegiatan dapat menjadi strategi komunikasi pemasaran yang baik. Hal ini dapat meningkatkan brand awareness dan reputasi perusahaan itu sendiri.
· Corporate Identitiy. Pembangunan citra perusahaan juga penting untuk rencana jangka panjang perusahaan.
· Packaging. Kemasan produk dapat menjadi hal yang penting dalam strategi komunikasi pemasaran produk. Kemasan yang menarik dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk. Komunikasi ini bisa dalam bentuk design, warna, serta bentuk dari kemasan produk tersebut.
· Point of Sale and Merchandising. Strategi ini dilakukan dengan melakukan display produk serta pembuatan material pendukung seperti poster, stiker, spanduk, dan design dari tempat penjualan.
· Word of Mouth. Strategi ini merupakan komunikasi personal yang cukup efektif dalam meningkatkan penjualan produk. Word of mouth sangat efektif dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk. Konsumen akan membeli produk yang direkomendasikan oleh kenalannya karena menganggap bahwa informasi produk tersebut terpercaya dan personal. Word of mouth dianggap lebih persuasive dibandingkan pemasaran melalui iklan.
Empat Konsep Dasar Strategi Pemasaran
Istilah 4P dikemukakan oleh Kotler. Konsep strategi pemasaran ini terdiri dari:
· Product
· Price
· Place
· Promotion
Pada akhir tahun 70an, konsep ini perlu diperbaharui. Pada tahun 1981, Booms & Bitner menambahkan 3 elemen baru dalam konsep 4P yang menjadi 7P, yaitu:
· People
· Processes
· Physical Evidence
Marketing Mix
Bauran pemasaran adalah perangkat pemasaran yang baik meliputi produk, penentuan harga, promosi, distribusi, digabungkan untuk menghasilkan respon yang diinginkan pasar sasaran (Kotler & Amstrong, 2012 : 92)
Marketing Mix & AIDA Model
Langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebuh. Tujuan dari strategi pemasaran dibagi menjadi 3 yaitu:
· Segmentation. Adalah proses mengkotak-kotakan pasar ke dalam group tertentu.
· Targeting. Artinya menetapkan pasar yang menjadi pusat pemasaran produk perusahaan.
· Positioning. Merupakan penyampaian citra dari suatu produk kepada konsumen. Pemasaran yang baik harus meninggalkan kesan yang sangat kuat terhadap produk dari sisi konsumen.
Sharing Event: RCTI Reds Run
20 Agustus 2017 – Bintaro Exchange
Why RCTI Reds Run?
· Rangkaian ulang tahun RCTI ke-28
· RCTI menayangkan program Premiere League
· Potensial pecinta bola
· Potensial pecinta lari
7 konsep dasar event RCTI Reds Run
· Product : Tiket lari RCTI Reds Run
· Price : 175.000 (regular), 250.000 (VIP), 400.000 (family 2+1)
· Place : Bintaro Exchange – 20 Agustus 2017
· Promotion : Attached
· People : Team work, lead and supervised by director
· Process : Pembelian bisa diakses langsung atau website
· Physical Evidence : Race Pax yang bisa diambil setelah pembayaran
3 langkah konsep komunikasi pemasaran event RCTI Reds Run
· Segmentation : Kelompok atas dan menengah atas A, B+, Jakarta dan sekitarnya
· Targeting : Pecinta lari dan bola khususnya Liverpool karena ada lari bersama legend
· Positioning : Event lari yang unik karena menggabungkan orang yang suka lari dan bola
Campaign Structure
Kesimpulan
Teori komunikasi, khususnya komunikasi pemasaran digunakan oleh divisi Strategic Communication RCTI dalam event RCTI Reds Run.
Teori yang masih relevan digunakan untuk mencapai tujuan event, yaitu strategi komunikasi pemasaran, bauran pemasaran 4P -> 7P, marketing mix, dan langkah segmentasi, target, dan positioning.
Kegiatan promosi dalam campaign structure, pre event sangat banyak, hal ini dikarenakan untuk menaikan transaksi pembelian tiket.
Dengan menggunakan beberapa teori komunikasi pemasaran dalam aplikasi di dunia kerja khususnya di divisi Strategic Marcomm, hasil yang didapat sesuai dengan target yakni, 3450 pendaftar.
(Chicilia Wongsodiredjo 915140107)
Terimakasih untuk informasinya ya, bermanfaat banget.
BalasHapusOh ya, sekedar nambahin informasi aja nih. Bagi yang membutuhkan Rental AC Jakarta untuk keperluan berbagai acara seperti konser, pernikahan, meetup, atau lainnya bisa coba hubungi kami Arthur Teknik. Dengan senang hati, kami akan siap membantu Anda.
Terimakasih lagi min,
Salam blogger.