Komunikasi Krisis
Kapita Selekta - Selasa, 7 November 2017
Narasumber: Alif Iman Nurlambang "IFRC"
Manusia membutuhkan informasi sebanyak mungkin. Sama hal nya seperti manusia membutuhkan air, makanan, obat, atau tempat tinggal, seperti itulah sebuah informasi yang dibutuhkan manusia dapat digambarkan dengan demikian rupa. Karena tanpa disadari, informasi dapat menyelamatkan kehidupan kita manusia.
Dengan informasi atau pengetahuan yang minim, hal ini dapat membuat manusia itu sendiri menjadi korban dari sebuah bencana. Di era globalisasi kini, dimana teknologi semakin canggih dan modern, manusia dapat mengakses berbagai macam informasi dari seluruh dunia dengan jauh lebih mudah, dibandingkan pada jaman dahulu yang serba terbatas.
Bahkan apabila terjadi sebuah bencana alam dan dibangun posko pengungsian, kebutuhan yang dibutuhkan manusia bukan hanya sekedar makanan, minuman, pakaian, dan obat-obatan lagi, tetapi juga smartphone, charger, wi-fi. Ini semua tentunya untuk menunjang keberlangsungan hidup mereka. Manusia ingin tahu hal apa sajakah yang terjadi di luar sana.
Alif pun menjelaskan dengan lebih simpel dalam bentuk poin-poin tentang perbedaan Komunikasi Publik dan Komunikasi Massa, yang sering kali kita semua terkecoh atau belum jelas membedakannya, yakni:
Komunikasi Publik:
- Dua arah.
- Pertukaran ide dan pesan.
- Berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan medium komunikasi.
Komunikasi Massa:
- Bagaimana menggunakan media untuk memanipulasi opini massa.
- Jurnalisme.
- Periklanan.
Perspektif adalah realitas dalam komunikasi krisis. Prasangka adalah pendapat atau anggapan yang kurang baik mengenai sesuatu sebelum mengetahui sendiri atau yang sebenarnya.
Alif juga membagikan cara memebingkai komunikasi dalam 4 step (SOCO), antara lain:
Step 1: ada isu apakah yang ingin dibahas?
Step 2: mengapa anda ingin fokus untuk membahas mengenai isu ini?
Step 3: siapa yang harusnya mengubah kebiasaan audiens?
Step 4: perubahan apakah yang ingin anda lihat dalam audiens anda sebagai hasil dari komunikasi anda? (ini lah SOCO anda).
Pearlees Tjoeng (915140102)
Komentar
Posting Komentar